Register
Home
KPUD Brebes Ajukan Biaya Pilkada Rp 21 M PDF Print E-mail

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Brebes mengajukan usulan biaya pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2012 sekitar Rp 21 miliar. Biaya itu lebih besar dibanding pelaksanaan Pilkada tahun 2007 lalu yang hanya Rp 15 miliar. Usulan tersebut disampaikan ke Bupati berkaitan proses pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

"Draf rincian kebutuhan biaya Pilkada 2012 sudah kami susun. Dalam minggu ini secara resmi usulan kami ajukan ke Bupati," kata Ketua KPUD Brebes, Mahfudin SS, Selasa (29/6).

Menurut dia, pilkada di Brebes sesuai ketentuan akan dilaksanakan pada 4 November 2012. Meski waktunya masuk cukup lama, tetapi persiapan harus sudah dilakukan sejak saat ini. Hal itu terutama berkaitan dengan masalah kebutuhan anggaran. Sebab, seluruh anggaran Pilkada bersumber dari APBD dan kebutuhannya tidak sedikit.

"Usulan biaya Pilkada ini kami sampaikan terkait pembahasan KUA. Sesuai perhitungan kami, kebutuhannya mencapai Rp 21 miliar," ujarnya.

Dia mengatakan, usulan biaya sebesar Rp 21 miliar itu hanya diperuntukan bagi pelaksanaan pilkada satu putaran. Besarnya nominal tersebut diperoleh dari perhitungan yang mempertimbangan jumlah pemilih. Pada Pilkada mendatang diperkirakan jumlah pemilih mengalami penambahan, yakni dari 1,4 juta menjadi 1,5 juta.

Bila mengaju pelaksanaan pilkada tahun 2007 lalu, biaya pemilihan sebesar Rp 10.000/ pemilih. Dengan jumlah pemilih 1,4 juta sehingga didapat Rp 15 miliar. Sedangkan pada Pilkada mendatang biaya pemilihan diperkirakan Rp 15.000/ pemilih.

"Sesuai hasil koordinasi dengan legislatif dan eksekutif, pemenuhan biaya Pilkada ini akan melalui sistem saving anggaran. Yakni, di tahun 2010 dan 2011. Tahun pertama saving anggaran bagi Pilkada sekitar Rp 10 miliar, sisanya dipenuhi di tahun selanjutnya," terangnya.

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/06/29/58276/KPUD-Brebes-Ajukan-Biaya-Pilkada-Rp-21-M