Register
Home
Pasangan Calon Penuhi Kuota 30 Persen Suara Jadi Pemenang Pilkada Medan ; Hari Ini, 10 Paslon Tandatangani Format Surat Suara PDF Print E-mail

Medan, (Analisa)

Pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Medan yang berhasil memenuhi kuota 30 persen akan ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan.

Bila tidak ada salah satu dari 10 pasangan calon (Paslon) walikota/wakil walikota yang memenuhi syarat 30 persen, maka KPU Medan akan menggelar Pilkada putaran kedua.

Demikian Ketua KPU Medan Evi Novida Ginting melalui anggota KPU Divisi Hukum dan Humas Pandapotan Tamba kepada Analisa ketika dihubungi, Minggu (11/4) petang.

Dikatakan Tamba, KPU Medan akan merangking dengan memilih rangking I dan II yang mendekati 30 persen suara dari suara sah sebagai peserta dalam Pilkada Kota Medan putaran kedua.

Lebih lanjut Tamba mengutarakan hari ini, Senin (12/4), KPU Kota Medan akan menggelar penandatanganan format surat suara.

"Penandatanganan ini format suarat suara Pilkada Medan akan langsung dilakukan 10 pasangan calon yang akan disaksikan Panwaslukada Kota Medan," tukas Tamba.

Pencetakan

Setelah pendatanganan ini, dalam waktu dekat ini KPU Medan akan mulai melakukan pencetakan surat suara sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Medan yang telah ditetapkan yakni 1.961.155 ditambah 2,5 persen sesuai peraturan KPU Nomor 66/2009 tentang logistik dilakukan perusahaan pemenang tender surat suara yang telah diumumkan KPU Medan pemenangnya.

"Jadwal ini sesuai dengan keputusan KPU Medan Nomor 35/2010 tentang tahapan Pilkada di mana surat suara akan dicetak dalam waktu dekat, karenanya hari ini (Senin-red), KPU Medan mengundang 10 pasangan calon untuk menyetujui format surat suara yang berisi pasfoto, nama, gelar, nomor urut pasangan calon untuk dicetak sesuai kebutuhan di TPS dan perlengkapan logistik lainnya," tukas Tamba sembari menyatakan pencetakan ini akan disegerakan secepatnya karena Pilkada tinggal 30 hari lagi pelaksanaannya.

Penandatanganan

Dikatakan Tamba, dengan penandatanganan format suara ini kebutuhan logistik berupa surat suara, tinta, formulir, kartu pemilih akan segera dikerjakan perusahaan pemenang tender sehingga diharapkan perusahaan itu tepat waktu menyelesaikan pencetakan kemudian distribusikan ke KPU Medan untuk dilakukan pelipatan dan pengepakan surat suara.

Setelah itu, surat suara tersebut didistribusikan ke PPS dan KPPS.

Dalam kesempatan tersebut KPU Medan juga akan melakukan penetapan jadwal kampanye rapat umum, di mana setiap pasangan calon mendapat jatah dua kali selama kampanye di Zona A dan B seperti pada Pilpres/Pileg 2009 lalu.

"Pada perdana kampanye akan dilaksanakan kesepakatan kampanye damai, penyampaian visi dan misi di sidang paripurna DPRD Kota Medan dan debat kandidat," tukas Tamba. (aru)

 
ordering generic viagra online